PURBALINGGA SESUDAH PERANG BITING

Ditulis oleh: -

Bulan Nopember 1831 aau Suro 1760, Jenderal De Kock berkoperensi di Sokaraja, dengan para Adipati, Ngabehi dan Punggawa-Punggawa yang telah berjasa dalam perang. De Kock mengumumkan, bahwa wilayah Banyumas mulai saat itu sudah sepenuhnya menjadi kekuasaan Belanda, tidak lagi dibawah pemerintahan Surakarta. Banyumas ditetapkan menjadi suatu karisidenan dan dibagi lima Wilayah Kabupaten. Para pegawai dan pemberian pangkat kepada mereka ditetapkan oleh Belanda.

Sebagai Residen pertama Banyumas adalah tuan Stuurler. Kelima Kabupaten tersebut adalah:

1. Kabupaten Banyumas dengan Bupatinya: R.A. Cakrawerdana I, dipensiun diganti Putranda R.A. Cakranegara I,
2. Kabupaten Purbalingga dengan Bupatinya: R.M.A Brotosudiro, dipensiun diganti adiknya R.M.T Dipakusuma II, Asisten Residen Tuan Tak.
3. Kabupaten Purwokerto dengan Bupatinya R.T. Mintareja, putera dari R.A. Bratadiningrat. Semula Kabupatennya di Ajibarang. Asisten Residennya tuan Varkevisser.
4. Kabupaten Banjarnegara dengan Bupatinya R.T. Dipayuda. Semula letak Kabupaten di Banjarpetambakan, kemudian pindah disebelah selatan sungai Serayu desa Kutawaringin (Banjarnegara). Asisten Residen tuan Van Geul Meester.
5. Kaupaten Majenang dengan Bupatinya R.T. Prawiranegara (Kota Cilacap belum lahir). Sisten Residen dirangkap dengan Kabupaten Ajibarang yaitu tuan Varkevisser.

Pengangkatan Adipati oleh Pemerintah Belanda diambilkan hanya dari tedak turun Adipati naluri system keturunan.

Seperti halnya didaerah lain, Belanda di Purbalinggapun membangun gedung tempat kediaman Asisten Residen. Letaknya di desa Bancar, sekarang dipergunakan sebagai markas Kodim 0702 Purbalingga. Sedangkan untuk kediaman Bupati, tetap menggunakan rumah Kabupaten semula yan dibangun oleh Ngabehi Dipayuda III, Bupati pertama Purbalingga tahun 1757-1787.

Sumber : Babad dan Sejarah Purbalingga, Tri Atmo; Pemerintah DATI II Purbalingga; 1984.

Bersambung....

Judul: PURBALINGGA SESUDAH PERANG BITING
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Writen ByUnknown

Thaks For Visiting My Blogs

0 comments "PURBALINGGA SESUDAH PERANG BITING", Baca atau Masukkan Komentar

Post a Comment